Manfaat Ipomoea Untuk Kesehatan

Manfaat Ipomoea Untuk Kesehatan
=====================================






Ipomoea aquatica forsk atau yang biasa disebut kangkung merupakan salah satu jenis tanaman sayur yang banyak tumbuh di Indonesia. Kangkung memiliki beberapa jenis diantaranya kangkung air dan kangkung darat. Kangkung juga dikelompokkan menjadi beberapa kelompok kultivar yaitu Kangkung Lowland (kangkung sawah), Kangkung Alba (kangkung darat), Kangkung Rubra (kangkung yang daunnya berwarna ungu kemerahan) serta Kangkung Upland (kangkung kering).




Dalam artikel ini akan dibahas salah satu jenis kultivar kangkung yaitu kangkung dari kelompok Rubra. Kangkung Rubra memiliki ciri daun dan bunganya memiliki warna semu merah dan ungu, berdaun lebar tapi adaptif terhadap lahan kering. Di Indonesia, kangkung jenis ini jarang dijumpai. Kangkung yang banyak beredar di pasaran adalah kangkung hijau baik itu kangkung air maupun kangkung darat. Meski demikian perlu diketahui apa saja manfaat dari kangkung merah / Rubra ini bagi kesehatan diantaranya di jadikan obat herbal seperti Obat Titan Gel yang sangat baik buat kesehatan tubuh dan dibawah ini manfaat lain dari kangkung merah :

1. Memiliki kandungan antioksidan tinggi

Umumnya sayuran berwarna merah memiliki kandungan senyawa antioksidan lebh besar dibanding sayuran berwarna hijau. Pigmen merah ini mengandung senyawa flavonoid yang berfungsi untuk antikanker. Bahkan kol merah yang dikonsumsi memiliki kandungan vitamin C dan fitokimia dua kali lipat lebih besar dari kol putih. Warna merah pada kangkung jenis ini berasal dari kandungan antosianin nya yang cukup kuat. Antosianin ini merupakan salh satu antioksidan kuat yang dapat mencegah gangguan otak, kanker dan penyakit kardiovaskular.

2. Mencegah anemia

Kandungan zat besi yang tinggi dalam manfaat kangkung merah ini, sangat baik dalam proses pembentukan sel darah merah. Sehingga dianjurkan untuk penderita anemia untuk memeperbanyak konsumsi kangkung.

3. Menjaga kepadatn tulang dan gigi

Kangkung merah memiliki kandungan mineral yaitu fosfor yang sangat berguna untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi. Sehingga tulang dan gigi tidak mudah rapuh.




Komentar